SOP DIKSAR MAPALA TROPIS


Panduan
Pelaksanaan Pendidikan Dasar dan Lingkungan
P A  D I




Mahasiswa Pencinta Alam Tropis
Fakultas Pertanian
Universitas Halu Oleo




Muqadimah
 


Alhamdulillah puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT, hanya dengan izin dan kehendak-Nya maka petunjuk pelaksana PADI ini dapat terselesaikan. Semoga dengan adanya juklap ini bisa menjadi panduan bagi rekan-rekan pengurus Mapala Tropis FP UHO dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
Semoga dengan dilaksanakannya PADI akan menimbulkan kader kader cinta alam yang ulet, terampil, berwawasan luas, loyal, setia, bersahabat serta berkepribadian yang dapat berguna bagi alam Indonesia.
BAB I
PADI, TUJUAN & SASARAN
Kegiatan ini disebut dengan Pendidikan Alam Dasar dan Lingkungan disingkat menjadi PADI. Penamaan PADI diambil dengan pemahaman bahwa selama ini berlangsung akan diberikan materi-materi yang sersifat materi dasar setiap mahluk hidup yakni bagaimana tentang mempertahankan hidup serta menjaga tempat hidupnya.
Pendidikan Alam Dasar & Lingkungan  ini mempunyai sasaran sebagai upaya untuk menggali potensi pemahaman dan kecintaan mahasiswa terhadap alam dan lingkungan ssekitarnya. Sedangkan tujuan dari pelaksanaan PADI ini adalah:
1.    Mahasiswa dapat berpikir positif terhadap arti pentingnya alam dan lingkungan serta pelestariannya
2.    Sebagai satu ajang transfer ilmu pengetahuan dan pengalaman terhadap mahasisiwa tentang arti lingkungan dan kegiatan alam bebas.
3.    Sebagai wahana untuk melatih dan menggodok fisik dan mental mahasiswa yang tergabung dalam Pendidikan Alam Dasar & Lingkungan (PADI) Mapala Tropis Faperta UHO.
Tahapan Pelaksanaan PADI






BAB II
KEGIATAN PRA PADI
A.  Perekrutan Peserta
1.    Pendaftaran
a.       Stand Pendaftaran. Dilakukan jika waktu memungkinkan. Lama stand antara 7-10 hari
b.      Sosialisasi. Sosialisasi ini dilaksanakan secara bersama-sama jika memungkinkan. Dan jika tidak memungkinkan, maka dilakukan per kelas.
c.       Penyebaran pamflet. Pamflet ini digunakan sebagai sarana pendukung dari proses publikasi pendaftaran. Desain pamflet diserahkan sepenuhnya kepada panitia pelaksana
2.    Syarat Pendaftaran
a.       Mahasiswa aktif Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo
b.      Tidak dalam sangsi akademik
c.       Minimal studi semester 3 dan maksimal semester 6
d.      Mengisi formulir pendaftaran dan menandatangani aturan serta surat pernyataan dari pantia.
e.       Pas foto:
-          3 x 4, 2 lembar. Dugunakan untuk perlengkapan pendaftaran
-          2 x 3, 1 lembar. Untuk Kartu Tanda Anggota
3.    Pemeriksaan Kesehatan
Pemeriksaan kesehatan dapat dilakukan melalui wawancara langsung. Namun cara yang direkomendasikan adalah pemeriksaan langsung di RS atau Klinik kesehatan
4.    Seleksi
a.       Seleksi administrasi. Merupakan seleksi kelengkapan administrasi
b.      Seleksi kesehatan, merupakan seleksi untuk mengetahui keadaan kesehatan calon peserta
c.       Seleksi pengetahuan. Membuat makalah tentang pengetahuan umum di alam bebas seperti mountainerring, caving, rock climbing, survival, P3K dll
d.      Seleksi ketahanan fisik. Untuk melihat ketahanan fisik peserta secara keseluruhan terutama paru dan jantung, maka akan dilakukan trekking.



BAB III
DIKSAR
A.  Materi Ruangan
a.       Managemen perlengkapan
b.      Sejarah Mapala Tropis dan sikap mental pencinta alam
c.       Sosiologi pedesaan
d.      Search & rescue
e.       Managemen kegiatan alam bebas
f.        Metodologi penelitian
g.      Konservasi & sumber daya alam
h.      Navigasi darat
i.        Dasar-dasar survival
j.        PGD (pertolongan Gawat Darurat)
k.      Rock Climbing & pengenalan alat rock climbing
l.        Caving dan pengenalan alat caving
B.  Materi Lapangan
a.       SRT
b.      Caving
c.       Rock climbing
d.      Pionerring
e.       Mountainerring
C.  Petunjuk Lapangan

 

JOP LAPANGAN
TANGGUNG JAWAB DAN FUNGSI
PANG-LAP
Ketua Panitia
TANGGUNG JAWAB
-          Penanggung Jawab Penuh
-          Bertanggung Jawab Kepada Pengurus
FUNGSI
-          Mengevaluasi Seluruh Kegiatan
-          Mengambil Keputusan Tertinggi
DAN-LAP

TANGGUNG JAWAB
-          Bertanggung Jawab Kepada Pang-Lap
FUNGSI
-          Pelaksana Teknis Kegiatan Lapangan
DAN-TATIP

TANGGUNG JAWAB
-          Bertanggung Jawab Kepada Pang-Lap
FUNGSI
-          Mengontrol Dan Mengawasi Jalannya Kegiatan
-          Menginformasikan Dan Menegakan Tatip Lapangan Padi
DAN-LOGGA

TANGGUNG JAWAB
-          Bertanggung Jawab Kepada Dan-Lap
FUNGSI
-          Mengontrol Dan Melaksanakan Jalannya Long March
-          Memimpin Tc Peserta PADI
DAN-CAMP/SURVEYOR

TANGGUNG JAWAB
-          Bertanggung Jawab Kepada Dan-Lap
FUNGSI
-          Mengatur Tata Letak Camp Panitia, Senior, Peserta Dan Tamu
-          Mengontrol Kebersihan Dan Kelayakan Camp
-          Melakukan Survei Terhadap Kondisi Lapangan/Tempat Kegiatan
-          Membuat Jalur Evakuasi
DAN-KES

TANGGUNG JAWAB
-          Bertanggung Jawab Kepada Dan-Lap
FUNGSI
-          Mengontrol Kesehatan Panitia, Peserta, Dsb
-          Menyediakan Dan Mengontrol Ketersediaan Obat-Obatan
-          Memberikan Tindakan Pgd
DAN-SIS

TANGGUNG JAWAB
-          Bertanggung jawab kepada dan-lap
Fungsi
-          Memberikan motivasi kepada peserta
-          Menerima keluh kesah peserta
-          Memberi info kegiatan kepada peserta
-          Mengkoordinasikan kondisi peserta kepada dan-kes
DAN-LOG

TANGGUNG JAWAB
-          Bertanggung Jawab Kepada Dan-Lap
FUNGSI
-          Menyiapkan daftar logistik
-          Mengatur dan menyiapkan logistik

D.  Petunjuk Teknis (Rancangan Operasional Prosedur)
No.
Tanggal
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1.

·      07.30
·      10.00
·      14.00
·      15.30
·      18.30
·      19.30-20.00

·      20.00-21.00
·      21.15-21.45
·      22.00-05.00
Kumpul Peserta
Ceklis dan Perkaplat
Berangkat
Star Long March
Masuk Pos
Upacara Penerimaan Peserta dan Pencabutan HAM
Pembuatan Bivak, makan, dll
Evaluasi
Istirahat

2.

·      05.00-06.59
·      07.00-11.45
·      11.45-13.00
·      13.00-17.00
·      17.45-19.15
·      19.15-21.45
·      22.00-05.00
Sarapan dan olahraga
Materi Single Rope Technik
Ishoma
Materi lapangan
Ishoma dan MCK
Evaluasi materi
Istirahat

3.

·      05.00-06.59
·      07.00-11.45
·      11.45-13.00
·      13.00-17.00
·      17.45-19.15
·      19.15-21.45
·      22.00-05.00
Sarapan dan olahraga
Materi Caving
Ishoma
Lanjutan Materi Caving
Ishoma dan MCK
Evaluasi Materi Caving
Istirahat


4.

·      05.00-06.59
·      07.00-11.45
·      11.45-13.00
·      13.00-17.00
·      17.45-19.15
·      19.15-21.45
·      22.00-05.00
Sarapan dan olahraga
Materi RC
Ishoma
Lanjutan Materi RC
Ishoma dan MCK
Evaluasi Materi RC
Istirahat


5.

·      02.00-04.30
·      04.30-09.00
·      09.00
·      09.00-11.45
·      11.45-13.00
·      13.00-17.00
·      17.45-19.15
·      19.15-21.45
·      22.00-05.00
Materi Pionerring
Istirahat
Materi Gunung Hutan
Menuju pos 1
Istirahat
Lanjutkan Perjalanan
Ishoma dan MCK
Evaluasi materi
Istrahat

6.

·      05.00-06.59
·      07.00-11.45
·      11.45-13.00
·      13.00-17.00
·      19.15-21.45
·      22.00-05.00
Sarapan dan Olahraga
Lanjutkan Perjalanan
Istrahat
Survival
Evaluasi
Istrahat

7.

·      05.00-05.59
·      07.00-11.45
·      11.45-13.00
·      13.00-15.00
·      15.00
·      15.00-17.00
·      17.00-13.00
Sarapan dan Olahraga
Lanjutkan Perjalanan
Istirahat
Lanjutkan Perjalanan
Pencabutan Survival
Penyebrangan basah
Pengukuhan
Istirahat


E.  Perlengkapan Dan Peralatan
Daftar Peralatan Dan Perlengkapan Pribadi
1.    Peralatan
NO.
Peralatan
Jumlah
Ket.
1
Carrier/Ransel
1 buah

2
Matras
1 buah

3
Kantong Packing
1 lembar

4
ATM (Buku, Polpen, Pensil, Mistar, Busur Derajat)
1 set

5
Pakaian Lapangan
2 pasang

6
Jas Hujan/Ponco/raincoat
1 buah

7
Pakaian Ganti
2 pasang

8
Sepatu Lapangan
1 pasang

9
Kantong Tidur (Sleeping Bag)/Sarung
1 buah

10
Jacket
1 buah

11
Kaos Tangan
1 pasang

12
Kaos Kaki
2 pasang

13
Kupluk
1 buah

14
Sandal Jepit
1 pasang

15
Alat Makan dan Minum
1 set

16
Alat Mandi
1set

17
Senter Lapangan/Head Lamp
1 buah

18
Survival Kit
1 set


2.    Perlengkapan
No.
Perlengkapan
Jumlah
Ket.
1
Lilin
1 dos

2
Baterai
2 pasang

3
Perlengkapan Mandi
1 set

4
Korek Gas
2 buah

5
Obat-obatan Pribadi
Sesuai kebutuhan


Daftar Peralatan Dan Perlengkapan Tim
1.    Peralatan
NO.
Nama Peralatan
Jumlah
Ket.
1
Tenda
1 buah

2
Jergen 5 Liter
1 buah

3
Parang Tebas
2 buah

4
Kompor Lapangan
1 buah

5
Nesting/Panci
1 set/2 buah

6
Lampu Badai
1 buah

7
Kompas
1 buah


2.     Perlengkapan
No.
Nama Perlengkapan
Jumlah
Ket.
1
Paravin
1 dos

2
Minyak Tanah
2 liter

3
Korek Api
5 bungkus

4
Tali Rafia
1 gulung

5
Karet Ban
Secukupnya

6
Tembakau
1 bungkus

7
P3K



Perlengkapan  Logistik Pribadi
No.
Logistik
Jumlah
Ket.
1
Beras
3, 5 Liter

2
Ikan Kering
¼ kg

3
Ikan Kaleng
4 kaleng

4
Mie Instant
15 Bungkus

5
Minyak Goreng
0,5 Liter

6
Kecap Manis
1 botol kecil

7
Saus Tomat
1 botol kecil

8
Bawang Putih/Bawang Merah
Secukupnya

9
Bumbu Dapur
Secukupnya

10
Kol
1 buah

11
Wortel
Secukupnya

12
Kentang
Secukupnya

13
Kacang Panjang
2 ikat

14
Tomat
Secukupnya

15
Cabai
Secukupnya

16
Jeruk Nipis
3 buah

17
Tempe
2 bungkus

18
Abon
1 bungkus

19
Garam
½ kg

20
Gula Pasir
½ kg

21
Kopi
Secukupnya

22
Teh Celup
5 saset

23
Susu
5 saset

24
Energen
5 saset

25
Snak:



ü  Agar-agar
5 saset


ü  Coklat
Secukupnya


ü  Gabing
1 bungkus


ü  Biskuit
Secukupnya


ü  Wafer
Secukupnypa


ü  Permen
Secukupnya


BAB IV
TATA TERTIB
A.  Peserta
a.       Wajib mengikuti semua kegiatan yang telah ditetapkan oleh panitia
b.      Dilarang meninggalkan lokasi kegiatan pendidikan tanpa seizin DAN-LAP
c.       Wajib menggunakan semua atribut selama kegiatan padi berlangsung
d.      Dilarang membawa dan menggunakan senjata tajam, miras dan narkoba selama kegiatan berlangsung
e.       Dilarang membawa dan menggunaka alat perhiasan dan komunikasi selama kegiatan berlangsung
f.        Dilarang berinteraksi dengan warga, panitia, tamu selama kegiatan berlangsung
g.      Wajib memanggil panitia dengan sebutan senior selama kegiatan berlangsung
h.      Wajib memaggil nama peserta lainnya dengan menggunakan nama lapangan
i.        Dilarang merokok, makan, minum, saat materi berlangsung tanpa seizin instruktur
j.        Wajib menjaga kebersihan areal pendidikan.
k.      Wajib mematuhi semua peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia PADI XII
Sangsi ringan
a.       1 set (15 push up, skot jump, sit up)
b.      1 ret (45 x)
Sangsi berat
Dipulangkan  

B. Panitia PADI & Anggota Mapala Tropis FP UHO
a.       Semua panitia dan anggota Mapala Tropis wajib menggunakan slayer selama kegiatan berlangsung kecuali, pada saat istrahat
b.      Semua panitia dan anggota Mapala Tropis dilarang berinteraksi dengan peserta tanpa seizin DAN-LAP
c.       Semua panitia dan anggota Mapala Tropis dilarang membawa dan menggunakan narkoba dan miras selama kegiatan berlangsung
d.      Semua panitia dan anggota Mapala Tropis dilarang melakukan kontak fisik pada peserta, kecuali pada saat materi tertentu pengukuhan
e.       Semua panitia dan anggota Mapala Tropis dilarang menggunakan kata-kata makian atau kasar pada saat kegiatan berlangsung, kecuali saat materi tertentu
f.        Semua panitia dan anggota Mapala Tropis wajib menjaga kebersihan areal camp selama kegiatan.
g.      Semua panitia dan anggota Mapala Tropis wajib mengikuti semua tata tertib yang telah disepakati Panitia PADI XI
Sangsi ringan
a.       set (25 x)
Sangsi berat (membawa dan/atau memakai miras dan  narkoba)
Dipulangkan
C. Tamu PADI
a.       Tamu dilarang berinteraksi dengan peserta selama kegiatan berlangsung
b.      Tamu dilarang menggunakan dan atau membawa miras, narkoba, dan senjata tajam selama kegiatan berlangsung
c.       Tamu dilarang melakukan kontak fisik selama kegiatan berlangsung
d.      Tamu dilarang menggunaka kata-kata kasar selama kegiatan berlangsung
e.       Tamu wajib berada di lokasi panitia  selama kegiatan berlangsung
f.        Tamu wajib menginformasikan diri saat memasuki atau meninggalkan lokasi kegiatan
g.      Tamu mengikuti seluruh tatatertip yang telah ditetapkan oleh panitia PADI XI
Sangsi
a.       Teguran 1x, Tidak diperkenankan berada di lokasi kegiatan



BAB V
PASCA DIKSAR
1.    Kritik dan saran peserta PADI
2.    Pembuatan laporan pertanggung jawaban kegiatan PADI
BAB VI
PENUTUP
Panduan Pendidikan Dasar dan Lingkungan atau yang disingkat PADI dapat diubah dalam musyawarah sesuai kebutuhan pelaksanaan PADI.


Komentar

Postingan populer dari blog ini